Cara Install Windows Server 2016 step by step

Hola, salam untuk semua sobat BelumAda. kali ini akan coba saya sharing tentang cara melakukan instalasi Windows Server 2016.

Mengapa menggunakan versi windows server 2016? karena admin ingin mencoba dengan versi yang paling terbaru, jika sebelumnya para sobat BelumAda pernah melakukan instalasi Windows Server 2012 atau versi 2018, untuk versi Windows Server 2016 ini tidak jauh berbeda atau bisa dibilang sama saja untuk proses instalasi keluarga-keluarga Windows lainnya.Yaitu tinggal klik-klik aja ikuti perintah yang ada di GUI / monitor 😀

 

Minimum requirements :

Untuk berhasil menyelesaikan instalasi Windows server 2016 Anda memerlukan minimum spesifikasi server mesin fisik atau virtual berikut:

  • Processor Minimum : 1.4 GHz 64-bit processor
  • RAM Minimum : 512 MB Jenis ECC (Error Correcting Code) atau sejenisnya.
  • Storage Minimum : 32 GB
  • Network Adapter : 100 Gigabit

Dan yang paling penting syarat untuk install Windows Server 2016 adalah sudah punya file ISO nya yah, jika belum punya atau mau Download silahkan bisa download dari situs resminya Disini .

Mari kita mulai lakukan instalasi Windows Server 2016 dengan melakukan booting via Flashdisk atau DVD jika sobat menyimpan file iso nya di DVD .

Tampilan pertama jika booting ke file ISO Windows Server 2016 adalah seperti gambar dibawah ini :

 

Jika sudah masuk ke menu tersebut, silakan klik Next,  dan kemudian klik Install seperti gambar berikut :

Jika nantinya muncul pilihan atau type-type Windows Server 2016, pilih saja yang Windows 2016 Standar. Lalu Klik I accept the license term.

Selanjutnya akan masuk ke menu type Installation, silakan pilih Custom jika ingin install atau build Windows Server 2016 dari awal. Seperti gambar berikut :

Selanjutnya kita akan melakukan setting atau konfigurasi partisi disk, disini saya membagi 2 partisi disk nya yang satu untuk install system windows dan satu lagi untuk menyimpan data-data. Jika sudah selesai melakukan partisi disk silahkan klik Next.

Silahkan tunggu proses copy file system dan instalasi sampai selesai, biasanya sekitar 1 jam.

Setelah selesai melakukan instalasi, akan Reboot dengan sendirinya dan dilanjutkan dengan setting Password untuk Administrator Windows Server 2016.

 

Sampai ditahap ini proses instalasi Windows Server 2016 telah selesai. Bisa dilanjutkan dengan melakukan setting network, install Active Directory, dan install Domain Service namun akan dibahas pada artikel selanjutnya.

admin Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *