Apa itu Other Usage di Cpanel? dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Mengatasi other usage pada Cpanel

Hola sobat BelumAda.Net sekalian. kali ini akan kita bahas mengenai masalah yang suka terjadi jika kita menggunakan hosting dengan control panel Cpanel yaitu masalah Other Usage. nah other usage itu sendiri apa sih ??

Other Usage itu sendiri adalah pemakaian space quota / disk pada akun cpanel kita sendiri diluar home Direktory user namun kepemilikan file tersebut masih milik user cpanel tersebut yang tidak bisa dihandle langsung oleh userb tersebut.

Kita ambil contoh, beberapa hari lalu saya menemukan salah satu Other Usage di Server Cpanel sebut saja misal nama usernya A, nah si user A ini membuat script website yang akan membuat file-file session atau cache dan akan tersimpan didalam direktori session web server. meskipun di direktori user A tersebut file-file session itu tidak terbaca sebagai pemiliknya, dan tersimpan disalah satu direktori session webserver, secara kepemilikan file-file session tersebut masih menjadi milik user A. Dan pada diagram Disk Usage akan masuk ke Other usage dari akun hosting A tersebut.

 

 

Selain itu, semakin banyak aktivitas dan semakin banyak sesi yang terjadi dengan website, semakin besar pula kemungkinan folder cache dan temp akan berfluktuasi dengan penggunaan disk. Ingatlah bahwa jika Anda mengembangkan skrip dengan beban yang berat, berorientasi pada session, atau bahkan sangat ter-enkripsi (file PHP jenis IonCube misalnya) maka semakin besar peluang bagian Penggunaan Lain Anda akan membuat jumlah penggunaan disk space menjadi other usage.

Contoh : Saya mencari siapa pemilik file other usage tersebut pada server, dengan menjalankan perintah pada terminal berikut ini :

find /home/* -xdev -user user123 -exec ls -lah '{}' \;

Ganti user123 dengan user cpanel yang Other usage nya sedang tinggi. Dengan menjalankan perintah diatas tersebut, saya akan mendapati siapa owner dari file -file session atau cached yang menyebabkan other usage pada salah satu akun cpanel menjadi tinggi. Silahkan jika ingin dihapus secara manual dengan berkoordinasi dengan Admin server hosting anda.

Dan setelah melakukan bersih-bersih pada Other Usage, agar Quota hosting Cpanel anda kembali normal lanjut menjalankan perintah update quota :

/scripts/fixquotas

Perintah-perintah diatas hanya dapat dijalankan sebagai Root di server hosting Cpanel, jika anda memiliki akses root atau menyewa VPS anda dapat menjalankan perintah tersebut, namun jika hanya memiliki akses Cpanel saja silahkan kontak ke Hosting provider.

Sekian sharing knowledge dari saya semoga bermanfaat.

 

admin Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 67 = 69