Apa itu SPF Record dan Bagaimana Cara Membuat SPF Record

Hola  sobat BelumAda, kali ini kita akan membahas tentang apa itu SPF Record dan bagaimana cara membuatnya. SPF Record atau singkatan dari  Sender Policy Framework adalah suatu mekanisme email yang dari berasal dari domain tertentu hanya diperbolehkan melakukan pengiriman email dari mail server yang telah ditentukan.  Jadi misalkan ada pengiriman email dari domain tersebut tetapi tidak berasal dari mail server yang telah ditentukan, maka email tersebut akan ditolak. Jadi dengan menambahkan Informasi SPF ini dapat mengurangi email spamming.

Cara membuat SPF Record sangatlah mudah. Anda hanya tinggal menambahkan TXT record pada settingan DNS hosting dari nama domain anda. Yang wajib anda ketahui adalah IP dari mailserver domain anda saja dan sisanya mengikuti format DNS record berikut ini :

belumada.net. IN TXT "v=spf1 mx a ip4:123.456.78.9 ~all"

Dalam contoh ini untuk domain belumada.net  saya menggunakan IP mail servernya 123.456.78.9

Dimana untuk kebijakan dari SPF tersebut adalah sebagai berikut :

  • +all (Pass) – Semua email diperbolehkan.
  • -all (Fail) – Untuk kiriman email yang tidak sesuai verifikasi ( MX, IP , dll ) akan ditolak.
  • ~all (SoftFail) – Mengizinkan email terkirim walaupun gagal saat dicocokan dengan kebijakan atau parameter dan nanti akan ditandai oleh system (Biasanya masuk folder SPAM/Junk)
  • ?all (Neutral) – Tidak ada kebijakan atau parameter yang digunakan.

Policy (kebijakan) yang digunakan dan sifatnya adalah anjuran untuk ke mail server tujuan. Namun yang familiar digunakan adalah yang Fail dan SoftFail.

Dan untuk SPF record ini juga bisa digunakan lebih dari 1 alamat  IP  mail server dan juga bisa menggunakan format Block IP misal  192.168.9.0/24 . Dan juga mendukun format IPv6 tinggal diawali kata ip6 kemudian diisi alamt IP yang digunakan.

admin Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *